MEMBUAT DOKUMEN DENGAN VARIASI TABEL,GRAFIK,GAMBAR DAN DIAGRAM




Tabel, grafik, gambar dan diagram adalah komponen pelengkap yang terkadang dibutuhkan pada saat pembuatan dokumen untuk memperjelas atau memberikan keterangan pada pembahasan yang kita buat

A.  MEMBUAT DOKUMEN DENGAN VARIABEL TABEL

1. Dengan Tab Insert
Untuk tabel sederhana, carilah tab “Insert“. Klik menu tersebut, dan ketika muncul pilihan “Table“, klik menu itu.
Setelah memilih menu Table, kamu akan diberi pilihan untuk menentukan baris dan kolom dari tabel.
Ada menu kotak-kotak yang berjejer ke bawah dan samping, drag menu itu untuk menentukan baris dan kolom yang akan kamu buat.

1.Membuat Tabel Baru
Untuk menambah tabel ke dalam dokumen word langkah-langkahnya :
a.   Klik tab Insert lalu klik ikon Table pada grup Tables,
b.   Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan,
c.    Apabila kolom dan baris pada tabel yang disisipkan dalam jumlah banyak,maka setelah menekan ikon Table dilanjutkan dengan menekan Insert Table yang akan menampilkan kotak dialog Insert Table,
     1)   Pada number of columns, tentukan banyak kolom yang akan disisipkan,
     2)  Pada number of rows, tentukan banyak baris yang akan disisipkan.
d.  Tabel baru akan ditambahkan pada dokumen. Untuk menambahkan style pada table klik tab menu Design, kemudian klik style pada ribbon Table Style.
2.Menyisipkan Baris atau Kolom Baru
Apabila dalam tabel yang telah dibuat terdapat kekuranagn baris atau kolom, maka kita dapat menyisipkan kolom atau baris baru.
a.   Sorot kolom/baris pada tabel  yang akan disisipkan dengan kolom atau baris baru,
b.   Pada Table Tools,klik tab Layout. Pada grup Rows & Columns kita dapat memilih pilihan berikut :
    1)   Insert Above : untuk menyisipkan baris baru di atas baris yang disorot,
    2)  Insert Below : untuk menyisipkan baris baru di bawah baris yang disorot,
    3)  Insert Left : untuk Mmnyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom kiri,
    4)  Insert Right : untuk menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom kanan.
3.Menghapus Sel,Baris,Kolom atau Table
Apabila dalam tabel yang akan kita buat ada kelebihan sel,baris atau kolom,maka kita bisa menghapus sel,kolom,atau baris itu,juag bisa langsung menghapus seluruh tabel yang ada dengan cara :
a.   Sorot kolom atau baris yang akan dibuang,
b.   Pada Table Tools,klik tab Layout.Pada gtup Rows & Columns,klik perintah Delete dapat memilih pilihan berikut :
     1)   Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati insertion point.
    2)  Delete Columns untuk menghapus kolom yang tersorot.
    3)  Delete Rows untuk menghapus baris yang tersorot.
    4)  Delete Table untuk menghapus tabel yang tersorot.
3.Merubah Perataan Teks pada Setiap Sel
Teks yang kita masukkan ke dalam tabel dapat dirubah perataannya dengan menggunakan aligment pada tab Home,di grup paragraph namaun itu hanya untuk perataan horizontal saja.Kita juga dapat menggunakan perataan tersebut sekaligusmemposisikan teks berada di bagian atas sel,bagian tengah sel ataupun bagian bawah sel.Langkah-langkahnya :
a.   Sorot beberapa sel yang akan dirubah perataan/posisinya,
b.   Pada Table Tools di tab Layout dan grup Alligment,kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan atau posisi dengan keinginan kita.
Untuk mengatur orientasi/arah teks pada tabel langkah-langkahnya :
a.   Sorot teks pada tabel yang akan dirubah orientasinya,
b.   Pada Table Tools di tab Layout dan grup Alligment,kita dapat menekan perintah Text Direction dan lakukan beberapa kali sehingga arah teks sesuai dengan keinginan kita.
4.Menggabungkan Sel
Untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu,langkah-langkahnya :
a.   Sorot beberapa sel yang akan digabung,
b.   Klik perintah Merge Cells pada Table Tools,di tab Layout dan grup Merge.
5.Mengatur Lebar Baris atau Kolom
Untuk mengatur ukuran baris atau kolom,langkah-langkahnya :
a.   Sorot baris atau kolom yang akan diubah ukurannya,
b.   Klik tab Layout,pengaturan lebar baris dan kolom terdapat pada ribbon Cell Size.

Cara membuat Border dan Shading :

  1. Pilih paragraf atau bagian tertentu dari paragraf yang ingin Anda format.
  2. Untuk menambahkan background Shading, pada tab Home, di grup Paragraph, klik tanda-panah-kebawah pada tombol Shading.
  3. Pada galeri warna Shading, arahkan ke contoh warna yang bervariasi dan perhatikan live preview pada teks yang telah Anda pilih. Jika cocok dengan satu warna, klik untuk mengaplikasikannya

Postingan populer dari blog ini

MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MICROSOFT

Materi tik pertemuan kelas 11 semester 1